Peran Pemerintah Dalam Pelestarian Lingkungan

Saat ini, Setiap manusia untuk  memenuhi kebutuhan hidupnya tidak bisa lepas dari ketersediaan sumber daya alam, baik berupa udara, air, tanah, dan sumber daya alam lainnya termasuk sumber daya alam yang dapat dan tidak dapat diperbaharui. Namun demikian, harus kita sadari bahwasanya sumber daya alam yang selama ini kita nikmati memiliki keterbatasan, Oleh karena itu manusia dituntut untuk menggunakan dan mengelola sumber daya alam secara efektif dan efisien demi keterlanjutan sumber daya di masa mendatang.

Demi mencukupi kualitas hidupnya, manusia berlomba – lomba mengeruh hasil kekeyaan alam yang sangat berlimpah khususnya di bumi pertiwi Negara Indonesia, Hal ini dapat kita dari banyaknya kerusakan alam yang dilakukan oleh manusia baik melalui kegiatan eksploitasi secara besar-besaran, pencemaran lingkungan oleh limbah pabrik, dan lain-lain sehingga menyebabkan kondisi alam yang rusak parah dan akhirnya merugikan manusia itu sendiri.

Pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat menjadi alasan utama dalam kegiatan eksploitasi sumber daya alam yang tidak mempedulikan daya dukung dari lingkungan tersebut sehingga mengakibatkan kerusakan pada lingkungan, serta merosotnya kualitas dari lingkungan tersebut. Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan merosotnya kualitas lingkungan yang dapat kita identifikasi dari pengamatan di lapangan.  Oleh sebab itulah, Hingga saat ini peran pemerintah khususnya dalam upaya pengelolaan dan pengawasan sumber daya alam sangat diharapkan efektibilitasnya karena menjadi kekuatan utama guna menghentikan ekploitasi besar – besaran yang dilakukan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab.

Dalam hal ini yang menjadi sasaran utama kebijakan Negara adalah            pihak – pihak yang terkait yang secara sengaja merusak tanpa melihat efek yang ditimbulkan dari segala macam kegiatan yang dapat merusak lingkungan,          terlebih – lebih saat ini Indonesia mendapat peringkat sebagai Negara yang memiliki kerusakan lingkungan nomor 4 setelah Amerika Serikat, Brasil dan China.

Pemerintah sebagai penanggung jawab terhadap kesejahteraan rakyatnya memiliki tanggung jawab besar dalam upaya memikirkan dan mewujudkan terbentuknya pelestarian lingkungan hidup. Hal-hal yang telah dilakukan pemerintah antara lain:

  1. Mengeluarkan UU Pokok Agraria No. 5 Tahun 1960 yang mengatur tentang Tata Guna Tanah.
  2. Menerbitkan UU No. 4 Tahun 1982, tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup.
  3. Memberlakukan Peraturan Pemerintah RI No. 24 Tahun 1986, tentang AMDAL (Analisa Mengenai Dampak Lingkungan).
  4. Pada tahun 1991, pemerintah membentuk Badan Pengendalian Lingkungan, dengan tujuan pokoknya:

1)        Menanggulangi kasus pencemaran.

2)        Mengawasi bahan berbahaya dan beracun (B3).

3)        Melakukan penilaian analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL).

e. Pemerintah mencanangkan gerakan menanam sejuta pohon.

Selain Pemerintah sebagai pembuat kebijakan (legislatif) dan pengontrol saja, pemerintah juga telah melakukan beberapa beberapa langkah konkret, antara lain:

a)        Melakukan pembaharuan teknologi yang ramah lingkungan, dengan mendukung serta memberikan dana bagi institusi atai individu yang melakukan pembaharuan teknologi tersebut. Misalnya teknologi Biogas, Biopori, dan minyak biji jarak.

b)        Mengajak perusahaan – perusahaan yang bergerak di bidang lingkungan dan SDA untuk ikut serta menjaga SDA yang ada, dengan mendorong mereka melakukan corporate sosial responsibility (CSR) sebagai bentuk tanggung jawab terhadap eksploitasi SDA yang dilakukan, dengan membuat UU perihal kewajiban perusahaan melakukan CSR.

c)         Mengkampanyekan Cinta Indonesia Cinta Lingkungan, seperti buang sampah pada tempatnya, tentunya dengan memberikan sanksi bagi para pelanggar (tanpa pandang levelitas).

d)        Mensosialisasikan dengan tepat kebijakan-kebijakan kepada seluruh aspek masyarakat, agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk ikut berperan serta memelihara dan meningkatkan kualitas lingkungan.

e)        Meningkatkan kapasitas kelembagaan dan sumber daya manusia (SDM) seperti pengetahuan serta ketrampilan SDM dalam pengelolaan dan pengembangan program CSR.

 

Selain Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup yang dilakukan oleh pemerintah, Sebagai warga negara yang baik, kita harus menunjukan seberapa besar Perwujudan cinta tanah air kepada Negara, namun Sebelum kita menunjukan perwujudan cinta tanah air sebaiknya kita mengetahui dulu sebenarnya apa makna atau pengertian dari cinta tanah air itu terlebih dahulu. 

Cinta tanah air ialah sebuah rasa bangga yang ada pada diri orang seseorang terhadap tanah air,bangsa dan Negaranya sendiri yang diwujudkan dengan tindakan-tindakan yang dapat menjadi kebanggaan bangsa serta dapat mengharumkan nama bangsa nya di Negara luar. Cinta tanah air bukan hanya semata dalam hal itu saya tetapi bias dalam pengertian lain yaitu berupa pembelaan diri bangsa dari serangan luar yang bias mengancam bangsa dan Negara kita serta rela berkorban dalam bentuk apapun dengan ikhlas serta sepenuh hati untuk Negaranya dalam hal yang baik tentukan positif. Perwujudan cinta tanah air dapat mencangkup banyak lingkungan dalam mewujudkannya.

Perwujudan cinta tanah air dengan menanamkan kepedulian yang tinggi terhadap kelestarian lingkungan hidup di sekitarnya sesuai dengan kemampuan masing-masing. hal ini dikarenakan kita tinggal dan hidup dengan lingkungan sehingga berbagai perilaku yang kita lakukan kepada lingkungan akan berdampak kepada diri kita sendiri. Dan juga sebagai aktor yang secara langsung lebih mengetahui kondisi lingkungan serta sumber daya alam dibandingkan dengan pemerintah, kita memiliki beban serta tanggung jawab yang sama dalam merawat dan menjaga keutuhan serta kualitas sumber daya agar penggunaan sumber daya dapat terus berkelanjutan.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s