Faktor Pendorong Munculnya Politik Suap Dalam Pemilu

Suap menyuap merupakan tindakan menyalahgunakan kekuasaan dalam rangka tujuan pribadi atau kelompoknya dalam rangka mempercepat proses birokrasi. Tindakan ini tidak dibenarkan karena bisa merugikan negara. Disamping itu, bisa menghambat pembangunan. Anggaran yang seharusnya digunakan untuk kepentingan masyarakat jadi beralih untuk kepentingan sendiri atau kelompok. Adapun factor yang menyebabkan menjamurnya kasus ini yaitu

A. Faktor Persaingan

Sebagai Negara yang Demokrasi dan negara yang menjunjung tinggi HAM maka tidak heran di Indonesia banyak tokoh tokoh,kanidat kanidat politik yang ingin merebut kursi jabatan/menjadi penguasa di Negara Kesatuan Indonesia ini.dengan banyaknya keinginan tersebut maka timbulah persaingan di antara masing masing kelompok politim yang mana masing masing kelompok mempunyai strategi masing masing dalam memenagkan peperangan.contohnya saja dalam mencuri suara rakyat,dengan adanya persaingan maka masing masing kelompok politik menggempur sebuah cara agar mendapatkan suara rakyat terbanyak melalui politik uang(Money politik) seperti serangan fajar misalnya.

Maka tidak heran bahwa faktor persainganlah yang terutama memicu munculnya money politik di Indonesia meskipun persaingan tersebut tergolong persaingan yang tidak sehat.tetapi dalam politik tidak mengenal haram dan halalnya.

B. Faktor Ekonomi

Keterpurukan Ekonomi di Indonesia dan masih banyaknya angka kemiskinan yang menjadi latar belakangnya politik uang(many politik).para tokoh politik (kanidat)menganggap rakyat adalah seorang yang materealistis,yang mudah terbuai oleh Rupiah,sehingga suara rakyat pun dapat di nilaunya dengan uang

Masyarakat yang memang sangat membutuhkan uang ,sangat ikhlas dan rela suaranya di hargai oleh para pelaku money politik,menurut orang dari kalangan ekonomi kurang hal tersebut malah merupakan kesempatan emas untuk memperoleh Uang,sangat rugi jika suaranga tidak di hargai se sen pun.oleh karena itu jangan heran orang dari kalangan bawah justru menunggu adanya money politik tersebut,lewat serangan fajar misalnya.

C. Faktor Pengawasan

Kurangnya pengawasan atau tidak jalannya pengawasan terhadap pemilu merupakan latar belakang yang membuat berjamurnya politik uang di Indonesia,hal tersebut terjadi karena orang yang mengawas/aparat yang mengawas justru ikut serta dalam pelaksanaan money politik tersebut.di jaman sekarang ini apa sih yang tidak jika ratusan bahkan jutaan rupiah ada di depan mata.jangankan aparan mungkin binatang jika bias bicara mereka akan berkata”mana bagian ku”sangat menyedihkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s