Hubungan antara Kedaulatan, Kekuasaan dan Kewenangan

Sebelum kita mengetahui hubungan yang terdapat pada ketiga aspek di atas, kita akan mengetahui serta memahami pengertian dari masing – masing aspek terlebih dahulu.

Kedaulatan adalah suatu kekuasaan tertinggi dalam suatu Negara yang bersifat mutlak untuk mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan peraturan kehidupan bernegara. Kekuasaan dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain menurut kehendak yang ada pada pemegang kekuasaan. Kekuasaan adalah hubungan antara pihak yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain (pemimpin) dengan pihak yang menerima pengaruh (pengikut). Sedangkan Wewenang adalah kekuasaan yang ada pada seseorang atau sekelompok orang, yang mempunyai dukungan atau mendapat pengakuan dari masyarakat (kekuasaan yang mendapat legalitas).

Sebagai seorang warga Negara yang baik, kita telah memahami tujuan kita dalam bernegara yaitu untuk mewujudkan suatu kesejahteraan? Oleh karena itu, suatu pemerintahan yang ada saat ini merupakan wujud dari usaha warga negara untuk mengatur kehidupan mereka demi mencari kesejahteraan dalam kehidupan bermasyarakat.
Dalam suatu tatanan pemerintah tersebut tentunya ada beberapa aspek yang saling berkaitan demi menunjang tercapainya kesejahteraan yang dimaksudkan di atas, yaitu antara lain Kedaulatan, Kekuasaan dan Kewenangan. Ketiga aspek tersebut didapatkan dari rakyat yang merupakan pemilik kedaulatan penuh dari suatu Negara.

Sebagai pemilik kedaulatan, tentunya tidak mungkin mereka semua ikut mengatur secara bersama-sama suatu penyelenggaraan negara. Oleh karena itu, mereka menyerahkan kewenangan dan kekuasaan untuk mengatur suatu negara kepada segelintir orang yang mereka percayai dan mempunyai kemampuan dalam bidang itu.
Dalam hal ini kewenangan menjadi objek vital untuk mengatur tatanan masyarakat. Karena kewenangan dapat mendatangkan kestabilan politik, maksudnya adalah dengan kewenangan, para pemegang kekuasaan memiliki hak secara resmi untuk mengatur masyarakat demi terciptanya perubahan sosial secara nyata. Pengakuan dan dukungan masyarakat kepada pihak yang berwenang akan menciptakan pemerintah yang stabil sehingga pemerintah dapat menjalankan dan melaksanakan keputusan yang dapat menguntungkan masyarakat umum.

Dari pandangan diatas, kita dapat menyimpulkan secara garis besar hubungan antara Kedaulatan, Kekuasaan dan Kewenangan. kewenangan digunakan sebagai alat (hak mutlak) yang dimiliki seorang pemegang Kekuasaan untuk mengatur para pengikutnya demi mencapai kedaulatan bersama (kedaulatan yang dimaksudkan yaitu mencapai kesejahteraan sosial).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s