FAKTOR KESULITAN BELAJAR

KESULITAN BELAJAR

Masalah kesulitan belajar yang saya alami antara lain :

  • metode belajar yang monoton / kurang kreatif
  • guru yang sering terlambat dan sering absen
  • terlalu banyak siswa dalam satu kelas
  • pemberian tugas yang berlebihanke empat hal yang menjadi hambatan belajar saya tergolong dalam aspek kesulitan belajar, hal ini dapat di lihat dari beberapa pendapat para ahli seperti dibawah ini :
  • Abdurrahman (2003 : 06) menyatakan bahwa kesulitan belajar adalah suatu gangguan dalam satu atau lebih dari proses psikologis dasar yang mencakup pemahaman dan penggunaan bahasa ajaran atau tulisan.
  • Sunarta (1985 : 7) menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan kesulitan belajar adalah “kesulitan yag dialami oleh siswa-siswi dalam kegiatan belajarnya, sehingga berakibat prestasi belajarnya rendah dan perubahan tingkahlaku yang terjadi tidak sesuai dengan partisipasi yang diperoleh sebagaimana teman-teman kelasnya.
  • Warkitri ddk. (1990 : 8.3), menyatakan bahwa kesulitan belajar adalah terdapatnya suatu jarak antara prestasi akademik yang diharapkan dengan prestasi akademik yang diperoleh
  • Siti Mardiyanti dkk. (1994 : 4 – 5) menganggap kesulitan belajar sebagai suatu kondisi dalam proses belajar yang ditandai oleh adanya hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar. Hambatan tersebut mungkin disadari atau tidak disadari oleh yang bersangkutan, mungkin bersifat psikologis, sosiologis, ataupun fisiologis dalam proses belajarnya.
  • Kesulitan belajar menurut Hammil (Abidin, 2006: 10) adalah : “Menunjuk pada sekelompok kesulitan yang memanifestasikan dalam bentuk kesulitan yang nyata dalam kemahiran dan penggunaan kemampuan mendengarkan, mencakup-cakap, membaca, menulis, menalar, atau kemampuan dalam bidang studi tertentu”.Dari beberapa pendapat para ahli di atas, dapat saya tarik suatu kesimpulan bahwa kesulitan belajar yaitu suatu keadaan dalam proses belajar mengajar dimana anak didik tidak dapat belajar sebagaimana mestinya dikarenakan beberapa gangguan / hambatan baik dari faktor internal maupun ekternal sehinggahasil belajar tidak sebanding dengan prestasi yang dicapai serta siswa tidak mendapatkan perlakuan sebagaimana mestinya yang dapat menghambat tercapainya kinerja akademik yang sesuai dengan harapan.

Ciri – ciri kesulitan belajar antara lain :

  • Menunjukkan prestasi yang rendah/di bawah rata-rata yang dicapai oleh kelompok kelas.
  • Hasil yang dicapai tidak seimbang dengan usaha yang dilakukan. Ia berusaha dengan keras tetapi nilainya selalu rendah.
  • Lambat dalam melakukan tugas-tugas belajar. Ia selalu tertinggal dengan kawankawannya dalam semua hal, misalnya dalam mengerjakan soal-soal dalam menyelesaikan tugas-tugas.
  • Menunjukkan sikap yang kurang wajar, seperti : acuh tak acuh, berpura-pura, dusta dan lain-lain.
  • Menunjukkan tingkah laku yang berlainan.Dari hasil membandingkan kedua hal di atas, maka saya yakin jika yang saya hadapi merupakan beberapa indikator kesulitan belajar, alasannya adalah kesulitan belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa unsur baik internal dan eksternal. Beberapa kesulitan belajara saya antara lain :
    • metode belajar yang monoton / kurang kreatif
    • guru yang sering terlambat dan sering absen
    • terlalu banyak siswa dalam satu kelas
    • pemberian tugas yang berlebihan

    merupakan faktor dari eksternal tepatnya faktor dari lingkungan sekolah. dimana Guru tidak berkualitas, baik dalam pengambilan metode yang digunakan ataupundalam penguasaan mata pelajaran yang dipegangnya, Pribadi guru yang kurang baik, Suasana sekolah yang kurang menyenangkan yang menyebabkan siswa kurang semangat dalam mengikuti pelajaran dan membuat siswa tidak nyaman akan pelajaran yang di ikuti karena tertekan dengan banyaknya tugas yang diberikan yang tidak sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

    Beberapa kesulitan belajar yang saya alami termasuk dalam kesulitan belajar. Dimana suatu gangguan dan kesulitan yang dialami oleh siswa-siswi dalam kegiatan belajarnya, sehingga berakibat prestasi belajarnya rendah dan perubahan tingkahlaku yang terjadi tidak sesuai dengan partisipasi yang diperoleh sebagaimana teman-teman kelasnya. Hambatan tersebut mungkin disadari atau tidak disadari oleh yang bersangkutan, mungkin bersifat psikologis, sosiologis, ataupun fisiologis dalam proses belajarnya. Yang dapat mengganggu dalam penggunaan kemampuan mendengarkan, mencakup-cakap, membaca, menulis, menalar, atau kemampuan dalam bidang studi tertentu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s