(MAKALAH) HEY DEDDY MIZWAR, MAU JADI WAKIL GUBERNUR ATAU MAU JADI ARTIS?

DEDI MIZWAR ART

DEDI MIZWAR ART

 

A. LATAR BELAKANG

    Menjadi kepala daerah merupakan tugas mulia yang diimpikan oleh setiap orang. Gelar dan jabatan serta fasilitas fasilitas eksklusif yang akan diperoleh juga menjadi pertimbangan tersendiri bagi setiap orang untuk berlomba lomba dalam mencapai kursi strategis disuatu daerah. Kita dapat melihat ketika pada proses pemilu 2014 banyak kalangan untuk mencalonkan diri menjadi wakil rakyat, mulai dari kalangan bawah hingga atas. Mulai dari tukang becak, pedagang asongan hingga elit konglongmerat juga ini ambil bagian dalam proses pemilu.
    Bekerja sebagai wakil rakyat tentunya tidak mudah, banyak tanggung Jawab yang harus dipenuhi demi menjadi abdi negara atau abdi rakyat. Belum lagi harus merealisasikan segala janji kampanye yang pernah diutarakan ketika masih pada tahapan kampanye untuk meyakinkan bakal calon pemilih.
    Selain itu. Wakil rakyat dan kepala daerah dituntut untuk mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran demi kesejahteraan rakyat. Karena itu semua merupakan tugas mereka ketika menjadi wakil rakyat. Mereka harus selalu siap untuk terjun dalam masyarakat, mendengarkan aspirasi dan turun tangan dalam memberikan pelayanan untuk masyarakat.
    Tetapi hal yang cukup unik terjadi dalam birokrasi GubernurJawaBarat. Suatu wilayah yang sangat strategis, memiliki Sumber daya alam yang melimpah harus dicederai oleh birokrasi yang berbeda dengan yang lainnya. Wakil Gubernur yang notabene harus selalu hadir menemani sang Gubernur memiliki peran ganda dalam dunia pertelevisiann tanah air. Dedy Mizwar contohnya, seniman dan tokoh masyarakat nomor 2 di JawaBarat tersebut memiliki peran ganda selain menjadi wakil Gubernur juga selalu eksis mengisi dunia layar kaca indonesia.
    Oleh sebab itu, kami ingin mengangkat topik yang cukup unik ini dalam suatu kajian masalah pendidikan yang akan mengupas peran seorang wakil Gubernur yang seharusnya menjadi pelayan rakyat tetapi juga memiliki peran sebagai artis papan atas. Makalah ini kami beri judul “TUGAS GANDA DEDDY MIZWAR SEBAGAI ARTIS DAN WAKIL GUBERNURJAWABARAT?”

B. RUMUSAN MASALAH

    • Apa Tugas Gubernur dan Wakil Gubernur sebagai representatif suara rakyat di pemerintahan?
    • Apakah eksistensi dedy mizwar dalam ranah dunia akting mencederai harapan publik?
    • Apa sanksi yang patut diberikan pada Dedy Mizwar selaku wakil Gubernur aktif Jawa Barat.?

C. TUJUAN

    • Agar mahasiswa dapat memahami Tugas Gubernur dan Wakil Gubernur sebagai representatif suara rakyat di pemerintahan.
    • Agar mahasiswa dapat memahami apakah eksistensi dedy mizwar dalam ranah dunia akting mencederai harapan publik.
    • Apa sanksi yang patut diberikan pada Dedy Mizwar selaku wakil Gubernur aktif Jawa Barat.?

KAJIAN TEORI

    • Pemerintahan Daerah adalah pelaksanaan fungsi-fungsi pemerintahan daerah yangdilakukan oleh lembaga pemerintahan daerah yaitu Pemerintah Daerah dan DewanPerwakilan Rakyat Daerah (DPRD).
    • Kepala Daerah adalah Kepala Pemerintah Daerah yang dipilih secarademokratis.Pemilihan secara demokratis terhadap Kepala Daerah tersebut, dengan mengingatbahwa tugas dan wewenang DPRD menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2003tentang Susunan dan Kedudukan Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan PerwakilanRakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, menyatakanantara lain bahwa DPRD tidak memiliki tugas dan wewenang untuk memilih KepalaDaerah dan Wakil Kepala Daerah, maka pemilihan secara demokratis dalam Undang-Undang ini dilakukan oleh rakyat secara langsung. Kepala daerah dalam melaksanakantugasnya dibantu oleh seorang wakil kepala daerah, dan perangkat daerah.
    • Kepala daerah dan wakil kepala daerah dipilih secara langsung oleh rakyat yangpersyaratan dan tata caranya ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.Pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dapat dicalonkan baik olehpartai politik atau gabungan partai politik peserta Pemilu yang memperoleh sejumlahkursi tertentu dalam DPRD dan atau memperoleh dukungan suara dalam PemiluLegislatif dalam jumlah tertentu.
    • Gubernur sebagai Kepala Daerah Provinsi berfungsi pula selaku wakil Pemerintah didaerah dalam pengertian untuk menjembatani dan memperpendek rentang kendalipelaksanaan tugas dan fungsi Pemerintah termasuk dalam pembinaan dan pengawasanterhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan pada strata pemerintahan kabupatendan kota
    • Dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, kepala daerah dibantu oleh perangkatdaerah. Secara umum perangkat daerah terdiri dari unsur staf yang membantupenyusunan kebijakan dan koordinasi, diwadahi dalam lembaga sekretariat; unsurpendukung tugas kepala daerah dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerahyang bersifat spesifik, diwadahi dalam lembaga teknis daerah; serta unsur pelaksanaurusan daerah yang diwadahi dalam lembaga dinas daerah

PEMBAHASAN

A. TUGAS GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR

    Menurut UU No. 32 Tahun 2004 telah secara jelas menjelaskan tugas dan wewenang gubernur sebagai wakil pemerintahan pusat didaerah dimana Gubernur dalam kedudukannya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 37 memiliki tugas dan wewenang:
    a. pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten/Kota;
    b. koordinasi penyelenggaraan urusan Pemerintah di daerah provinsi dan kabupaten/kota;
    c. koordinasi pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan tugas pembantuan di daerah provinsi dan kabupaten/kota.

    Melihat dari undang undang di atas maka dapat disimpulkan jika Gubernur bukanlah atasan bupati atau wali kota, namun hanya sebatas membina, mengawasi, dan mengkoordinasi penyelenggaraan pemerintahan daerah kabupaten/kota. Hubungan pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten dan kota bukan subordinat, dimana masing-masing pemerintahan daerah tersebut mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan.

pelantikan dedy Mizwar

B. EKSISTENSI WAKIL GUBERNUR DI RANAH PERTELEVISIAN MENCEDERAI HARAPAN PUBLIK

    Menjadi wakal rakyat bukal hal yang mudah untuk dilakukan. Tugas yang menjadi pokok ialah untuk mengabdi dan mendedikasikan hidupnya bagi rakyat. Lantas bagaimana jika sang pengabdi untuk rakyat memiliki aktifitas lain di luar sebagai ranahnya memimpin daerah. Hal ini menjadi topik hangat yang di perbincangkan masyarakat luas ketika melihat sosok Deddy Mizwar yang lalu lalang mengisi acara di layar kaca televisi. Padahal Deddy mizwar terhitung sejak 3 maret 2013 Deddy Mizwar secara hukum ditetapkan menjadi pemenang pemilu Gubernur dan wakil gubernur Provinsi jawa barat untuk masa periode 2013 – 2018. Tetapi meskipun demikian sosok Deddy mizwar tidak langsung hilang dari dunia pertelevisian seperti yang dilakukan Mat Solar yang membintangi serial TV “Tukang Bubur Naik Haji” yang langsung menarik diri dari dunia hiburan ketika sudah masuk dalam dunia politik. Deddy Mizwar jutru tetap eksis dan tetap tampil dalam serial film “Para Pencari Tuhan jilid 8” yang diproduksi dan ditayangkan tahun 2014.
    Tak ayal, Hal ini juga menimbulkan pro kontra pada sebagian masyarakat Jabar, ada yang menilai dengan pekerjaan sinetronnya seolah ada Deddy mizwar memerankan dua karakter, karakter sebagai aktor dan karakter tokoh masyarakat. Tapi Sebagian masyarakat juga menginginkan Deddy Mizwar lebih fokus pada pekerjaan sebagai wakil gubernur toh beliau telah mapan secara financial. Jika memang main sinetron adalah hobby yang tak bisa di tinggalkan setidaknya Deddy mizwar menahan diri dari kegiatan layar kaca. Hal ini akan mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap sosok yang dihormati dikalangan gubernur jawa barat.
    Gubernur sebagai Kepala Daerah Provinsi berfungsi pula selaku wakil Pemerintah didaerah dalam pengertian untuk menjembatani dan memperpendek rentang kendalipelaksanaan tugas dan fungsi Pemerintah termasuk dalam pembinaan dan pengawasanterhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan pada strata pemerintahan kabupatendan kota. Pada dasarnya harus berada di sekitar masyarakat untuk mendengarkan dan melaksanakan aspirasi rakyat.

Picture2

C. SANKSI YANG PATUT UNTUK DIBERIKA KEPADA DEDDY MIZWAR.

    Berbicara mengenai masalah sanksi yang patut untuk diberikan, pada dasarnya sampai saat ini masih belum ada sanksi yang tegas yang diberikan oleh kementrian dalam negeri maupun peringatan dari gubernur jawa Barat itu sendiri. Hal ini terjadi karena belum ada aturan yang secara jelas yang dapat menetapkan jika tindakan deddy Mizwar adalah salah. Meskipun demikian Deddy Mizwar tengah mendapat sanksi lain berupa sanksi norma karena dalam masyrakat Persoalannya ada norma tertulis dan norma tak tertulis, secara aturan tidak ada larangan untuk mencari pekerjaan tambahan selama memang tidak adanya terkait konflik kepentingan, tidak mengganggu tugas pokok dan fungsi beliau, hanya saja norma tidak tertulis menyangkut etika saja yang menjadi persoalan, seyogyanya pak wagub mempertimbangkan dengan sangat bijak, bahwa beliau hidupnya kan telah dijamin oleh negara, seharusnya ia mengerjakan hal yang lain yang lebih penting dari sekedar main sinetron, hanya beliau juga terikat kontrak sebelum ia terpilih jadi wagub nah ini juga harus menjadi pertimbangan jangan sampai merugian beliau sendiri.
    Jika kita tinjau dari perspektif hukum, sepertinya tidak ada gratifikasi terkait honor yang diterima Deddy Mizwar. namun, tetap ini menjadi masalah etika karena Deddy Mizwar tak layak menerima pekerjaan sebagai pengisi layar kaca sebaiknya Deddy fokus menjadi pejabat.Deddy Mizwar dinilai bersikap tak etis lantaran tetap menerima pekerjaan sebagai pemain sinetron, bintang iklan, dan bahkan produser film selama menjabat. Deddy diketahui masih berperan sebagai Bang Jack di sinetron Para Pencari Tuhan.
    Posisi Wakil Gubernur yang selalu menghiasi layar kaca juga cukup riskan diamana di tengah kondisi masyarakat Jabar yang masih banyak hidup di bawah garis kemiskinan, sudah sepatutnya dia fokus pada pekerjaannya sebagai penyelenggara negara. Oleh sebab itu secara moral, waktu yang dimiliki penyelenggara negara semestinya digunakan untuk melayani masyarakat.
    Dan yang terakhir, Sebagai seorang kepala daerah, dalam klausul jabatan negara harus menanggalkan keartisannya. Ini bagian keluhan publik yang selama ini menghiasi kolom wacana kota. Karena Jika masih beraktivitas sebagai artis, Deddy Mizwar tidak hanya melanggar etika yang seharusnya ia menjadi pelayan publik. Tetapi Deddy Mizwar juga bisa dikatakan melakukan pelanggaran administrasi dengan dasar memiliki kesibukan lain diluar kesibukan sebagai wakil gubernur. Oleh karena itu besar harapan kami jika lembaga negara ataupun Menteri Dalam Negeri harus menunjukkan sikap dan meminta Deddy Mizwar untuk memilih jadi wakil gubernur atau artis. Jika tidak hal yang dilakukan Deddy mizwar kemungkinan bisa digunakan / ditiru oleh pejabat yang lain dengan tujuan untuk mencari penghasilan tambahan yang telah di larang oleh peraturan..

PENUTUP

KESIMPULAN

    Menjadi kepala daerah seperti bupati, walikota bahkan setingkat Gubernur merupakan suatu tanggung jawab yang sangat luar biasa, orang orang yang telah dipercaya dalam mengemban mandat tersebut haruslah memiliki kriteria kriteria pemimpin yang murni, jika tidak akan mustahil kesejarhteraan akan bisa tercapai. Seorang pemimpin daerah juga memiliki tanggung jawab dan beban moral untuk menunjukan jika ia memang pantas untuk di pilih. Oleh karena itu ia harus senantiasa terjun dan mendedikasikan dirinya untuk kessejahteraan rakyat karena manjadi kepala daerah secara tidak langsung harus mau menjadi pelayan masyarakat,
    Kepala daerah di tuntut untuk menyumbangkan seluruh pikiran, waktu, tenaga bahkan materi yang ia punya untuk masyarakat yang dia pimpin, jangan sampai kedudukan yang ia miliki digunakan sebagai ajang untuk mencari materi dan memperkaya diri sendiri.

SARAN

    Sebagai kepala daerah seharusnya dapat lebih bijak dalam melakukan segala hal. Jangan sampai apa yang kita lakukan bersebrangna dengan tugas dan wewenang kita sebagai kepala daerah. Selain itu juga sebaiknya pemimpin daerah lebih bisa meluangkan waktu bersama rakyatnya agar rakyat merasa puas akan kinerjanya.

SALAM BY
MUHAMMAD BASOFI ILYAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s