Essay : MASIH SAKTIKAH PANCASILA ???  

para pahlawan Refolusi

selamat hari kesaktian pancasila 1 oktober. foto diatas menggambarkan tuga untuk mengenang para pahlawan refolusi yang gugur ketika G30S/PKI

1 Oktober di Indonesia diperingati sebagai “Hari Kesaktian Pancasila”. Peringatan Kesaktian Pancasila ini  berakar pada sebuah peristiwa sejarah pada tanggal 30 Oktober 1965 (G30S/PKI). Hari itu beberapa putra terbaik bangsa dibunuh, terjadi upaya kudeta kekuasaan dan upaya penggantian ideology Pancasila. Namun konon, berkat kegigihan bangsa Indonesia untuk mempertahankan ideology Pancasila, upaya tersebut mengalami kegagalan. Pada saat itu Pancasila mampu mempersatukan berbagai elemen bangsa Indonesia. Maka 30 September diperingati sebagai Hari Peringatan G30S/PKI dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Apakah hanya sampai di situ saja Kesaktian Pancasila??? Dimanakah esensi nilai Kesaktian Pancasila sebagai ideologi Negara Indonesia di era sekarang ini?

Era saat ini bukan lagi masa perjuangan mempertahankan ideologi Negara melalui senjata dan konflik berdarah. Namun lebih pada kontribusi kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang menginginkan berkehidupan kebangsaan yang bebas, adil, makmur dan sejahtera sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Karena Pancasila merupakan ideology bangsa, maka kesaktian idologi ini dapat dilihat dari seberapa mampu ideologi Pancasila menjadi pemersatu bangsa, yang bisa menghindarkan bangsa dari berbagai ancaman, perpecahan, dan krisis multidimensional.

Kini, Marilah kita kembali junjung tinggi nilai-nilai Pancasila selayaknya bangsa dan Negara yang beradab, beragama, beretika dan bermoral. Mari kita berkontribusi sesuai dengan peranan masing-masing, dengan sebaik mungkin untuk membangun Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik dari masa ke masa. Tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian

SElamat Hari kesaktian Pancasila, jangan pernah melupakan Tragedi berdarah 30 September yang menjadi titik hitam perjalanan bangsa, titik hitam yang menjadi bukti dan fakta jika tanpa pancasila indonesia akan hancur tanpa jejak.

DIpersembahkan oleh Komunitas Pecinta Pancasila – KITA – UNESA. Kita Berteman Lebih dari saudara

Pancasila hendaknya bisa menjadi momentum kita bersama untuk mengevaluasi diri dan memperbaiki komitmen untuk memajukan Negara Indonesia.

Selamat Hari Kesaktian Pancasila!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s