Artikel budaya – Legitnya Pudak di kota santri Gresik – Kota Wali dan kota Santri

Negeri Pudak

Pada Dasarnya kabupaten Gresik seperti daerah lain memiliki makanan atau jajanan khas yang menjadi produk unggulan buat oleh-oleh masyarakat yang berkunjung di kota santri ini. Di antara makanan khas Gresik yang terkenal adalah Pudak.

Pudak menjadi makanan Khas kota Gresik

Pudak menjadi makanan Khas kota Gresik

Konon cerita, makanan jenis Pudak di Kabupaten Gresik sudah ada sejak zaman nenek moyang sebelum Gresik mendapatkan julukan kota Wali dan kota perdagangan. Makanan jenis satu ini sangat digandrungi masyarakat luas, terlebih para penziarah yang tengah berwisata Rohani yang berziarahke makan Sunan Giri, Siti Fatimah Binti Maimun Maupun Maulana Malik Ibrahim. Mereka merasa kurang sreg datang ke Gresik kalau tidak membelijajanan Pudak untuk oleh-oleh.

Setiap wisatawan sebelum meninggalkan kota gresik pasti yang dicari ialah pudaknya. Karena memang Gresik dikenal dengan Pudaknya seperti halnya Jakarta dengan kerak telor dan madiun dengan pecelnya. Selain itu pudak gresik sangat sulit ditiru dengan daerah lain karena merupakan resep peninggalan nenek moyang. Pudak gresik selalu dibuat dengan cita rasa tinggi dan menggambarkan perpaduan rasa manis dan gurih sehingga menciptakan rasa legit yang menjadi ciri khas kesukaan masyarakat gresik

Pudak dibuat dari bahan berkualitas tinggi, komposisinya, beras ketan, kelapa dan gula. Pemilihan bahan akan berdampak pada hasil yang diperoleh sehingga tidak asal jadi sehingga citra rasanya benar – benar memiliki kekhasan Pudak Gresik.

Pudak sejatinya merupkan jajanan yang cukup unik dan menarik untuk para pembeli. Sebab, bentuk luarnya yang gemuk dan menggelembung seperti karung atau kantung. Rasanya pun tidak kalah nikmat dengan kue buatan pabrikan. Kemasan Pudak pun sangat tradisional. Bahan untuk membungkus pudak pun menggunakan bahan alami yang disebut ope. Ope adalah lembaran pangkal pelepah daun pinang yang telah dikeringkan lalu disulam dengan benang hingga terbentuklah seperti kepis (dompet kecil).

 

Jenis Pudak ada beberapa macam , yaitu :

  • Pudak berwarna putih yang terbuat dari tepung beras dan gula pasir.
  • Pudakberwana cokelat yang terbuat dari tepung sagu dan gula jawa.
  • Pudakberwarna hijau yang terbuat dari tepung beras, gula pasir dengan pewarna dan aroma daun pandan.

Tidak cukup disitu, cara menjual Pudak juga menarik, karena pudak dalam bentuk rentengan yang digantung secara berjajar bukan dijual perbiji. Konon, dengan cara menggantung ini selain untuk menarik perhatian pembeli, juga bisa menjadikan Pudak lebih tahan lama. Disamping juga bisa mengeluarkan bau harum, sehingga Pudak semakin menarik para pembeli. Kue Khas dengan harga murah meriah sekitar Rp 20.000- Rp 25.000 perrenteng.

proses pembuatan pudak, makanan khas kota gresik

proses pembuatan pudak, makanan khas kota gresik

Kesimpulan

Pudak merupakan jenis makanan tradisional yang sampai saat ini tetap eksis dijaman modern. Dengan Harganya yang ditawarkan cukup murah meriah tidak sebanding dengan rasanya yang nikmat manis. Meskipun di era modern seperti ini dimana aneka makanan dibungkus dengan kemasan plastik guna menjaga kebersihan dan kandungna tapi pudak tetap menggunakan bahan dari alam yang menjadi ciri khasnya yang menjadikannya mampu bersaing dengan produk modern dan juga selalu dicari oleh wisatawan dari berbagai daerah disekitar jawa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s