HUBUNGAN ANTARA IDEOLOGI DAN DASAR NEGARA

PENGERTIAN IDEOLOGI
Ideologi adalah gagasan atau kumpulan ide. Kata ideologi ini diciptakan oleh Destutt de Tracy diakhir abad ke-18 guna untuk mendefinisikan “Sains tentang ideas”. Yang dianggap sebagai visi luas ini adalah pengertian Ideologi, sebagai cara memandang segala sesuatu. Jadi, secara umum pengertian ideologi ini diartikan sebagai suatu ide-ide dasar, kumpulan dasar gagasan, keyakinan serta kepercayaan yang sifatnya sistematis yang dapat memberikan arah dan juga tujuan yang akan dicapai dalam kehidupan nasional suatu Negara.
• Machiavelli, ideologi adalah sistem perlindungan kekuasaan yang dimiliki oleh penguasa.
• M. Sastraprateja, ideologi adalah sebagai perangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang diorganisir menjadi suatu sistem yang teratur.
• Murdiono, ideologi adalah kompleks pengetahuan dan nilai yang secara keseluruhan menjad landasan bagi seseorang (masyarakat) untuk memahami jagad raya dan bumi seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengelolanya.
• Ali Syariati, mendefinisikan ideologi sebagai keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa atau suatu ras tertentu.
• Harold H. Titus, mendefinisikan ideologi adalah sebagai suatu istilah yang dipergunakan untuk sekelompok cita-cita. mengenai berbagai macam masalah politik dan ekonomi serta filsafat sosia serta filsafat sosial yang dilaksanakan bagi suatu rencana sistematis tentang cita-cita yang dijalankan oleh kelompok atau lapisan masyarakat.
• Alfian, menyatakan ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam ten tang bagaimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil, mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.
• C.C. Rodee menegaskan ideologi adalah sekumpulan gagasan yang secara logis berkaitan dan mengidentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan pelakunya.
• Destutt de Tracy mengartikan ideologi sebagai “science of ideas” di mana di dalamnya ideologi dijabarkan sebagai sejumlah program yang diharapkan membawa perubahan institusional (lembaga) dalam suatu masyarakat.
• Descartes, ideologi adalah inti dari semua pemikiran manusia.

PENGERTIAN DASAR NEGARA
Pengertian dasar negara dari beragam para ahli dapat disimpulkan sebagai landasan kehidupan bernegara suatu negara. Sedangkan ideologi merupakan landasan berbangsa suatu negara. Oleh sebab itu posisi dasar negara harus ada ketika ingin menyelenggarakan suaru negara. Dasar negara bagi suatu negara merupakan hak dasar yang harus dimiliki dalam mengatur kegiatan bernegara suatu negara. Jika posisi dasar negara tersebut alfa dan hilang maka akan terjadi kerancuan dan hilangnya arah suatu negara. Ibarat kapal negara tidak memiliki dayung yang kuat untuk melaju kedepan.. Dasar negara juga memegang peran fital karana dasar negara menjadi pedoman hidup yang mencakup cita cita negara, tujuan negara dan norma dalam bernegara. Contoh dasar negara yaitu pancasila yang ada di indonesia. Islamisme yang dipegang oleh nagara negara timur seperti arab. Dan banyak yang lainnya

HUBUNGAN IDEOLOGI DENGAN DASAR NEGARA.
Seperti yang saya jelaskan di atas. Posisi vital ideologi merupakan pandangan dalam berbangsa. Sedangkan dasar negara merupakan pandangan dalam bernegera. Dalam kaitan hal ini saya pribadi tidak secara eksplisit membahas tentang pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa indonesia. Namun saya membahasa secara luas.
Saya dapat menganalogikan hubungan antara ideologi dan dasar negara seperti halnya rumah dan pondasi suatu bangunan. Posisi pondasi harus ditanamkan sejak dini agar kuat. Setelah kuat maka bangunan rumah diatasnya akan dapat berdiri dengan kokohnya. Sama halnya dengan ideologi dan dasar negara. Jika dasar negara dan ideologi yang dipakai oleh suatu bangsa tidak sejalan dan tidak singkron maka mustahil bangsa tersebut akan bertahan dari kemajuan zaman.
Kombinasi antara ideologi dan dasar negara yang terjalin dengan baik akan membuat kehidupan masyarakatnya hidup tentram. Segala permasalahan akan mudah terselesaikan jika memiliki pedoman yang pakem. Jika sebaliknya maka kedaulatan suatu negara mudah goyang. Kita dapat melihat kondisi negara negara di timur tengah yang awalnya memegang kokoh ideologi islam lalu seiring waktu berubah namun tidak mempertimbangkan keadaan rakyatnya hanya mengakibatkan kerusuhan hingga demonstrasi besar besaran, dan pada akhirnya rakyatlah yang harus menderita akibat negaranya yang tidak kondusif.
Negara negara besar yang memiliki ideologi dan dasar negara yang sama cenderung akan dinamis dan memiliki tujuan yang jelas kedepannya. Meskipun pada dasarnya untuk mencapai tujuan tersebut tidaklah mudah yang terpenting adalah tetap konsisten untuk menuju tujuan tersebut. Jika ideologi dan dasar negara tidak stabil (mudah berubah) maka yang terjadi ialah sibuk mencari tujuan yang ingin dicapai sehingga tidak ada aksi yang dilakukan. Hanya sibuk mencari arah semata..
Oleh sebab itu keberadaan suatu negara sangat erat kaitannya dengan bagaimana ideologi dan dasar negara mampu manjadi landasan dan pedoman bagi rakyatnya agar dapat berjalan dan seimbang
Selain itu sebagai penutup selain menganalogikan hubungan antara ideologi dan dasar negara sebagai suatu rumah dan pondasinya, hubungan mereka juga dapat dianalogikan sebagai kapal dan dayungnya. Ideologi merupakan suatu pandangan luhur dan memiliki nilai historis yang tinggi karena ideologi didapatkan melalui sejarah dan cita cita bangsa. Oleh sebab itu saya pribadi menganalogikan sebagai arah suatu kapal. Sedangkan kapal memerlukan mesin dan dayung agar tetap melaju kedepan. Didalam mesin tersebut memerlukan sebuah sistem yang tertata rapi dan saling berkordinasi dengan baik agar dapat berjalan dengan lancar. Sama seperti negara perlu sistem yang baik untuk menjalankan roda pemenrintahan. Sehingga jika sebuah kapal memiliki mesin yang baik dan didukung oleh tujuan yang jelas niscaya kapal tersebut mampu menghadapi derasnya arus lautan dan niscaya akan cepat pada tempat diinginkan (cita cita bersama)

DAFTAR PUSTAKA
http://multiajaib.blogspot.co.id/2014/10/pengertian-ideologi-menurut-para-ahli.html (diakses pada Selasa 7 Sep 2015)
http://www.apapengertianahli.com/2014/06/apa-pengertian-ideologi-ahli.html (diakses pada Selasa 7 Sep 2015)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s