Inovasi Pendidikan Di Indonesia

1.   PENGERTIAN INOVASI

Inovasi berasal dari kata latin, innovation yang berarti pembaharuan dan perbuahan. Inovasi ialah suatu perubahan yang baru yang menuju kearah perbaikan yang lain atau berbeda dari yang sebelumnya, yang dilakukan dengan sengaja dan berencana (tidak bisa terjadi secara kebetulan saja).
Menurut Ibrahim (1988) mengemukakan inovasi adalah penemuan yang dapat berupa suatu ide, barang, metode, yang diamati sebagai suatu hal yang barubagi seseorang / kelompok.
Sedangkan menurut Ansyar, Nurtain (1991) mengemukakan inovasi adalah gagasan, perbuatan, atausuatu yang baru dalam konteks social tertentu untuk menjawab masalah yang dihadapi.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa Inovasi tidak selamanya berupa barang / tehnologi tapi dapat berupa ide segar yang tidak terpikirkan banyak orang dengan tujuan untuk memecahkan suatu masalah.

2.  SESUATU YANG “BARU” DALAM SEBUAH INOVASI
Istilah “baru” dalam sebuah inovasi disini memperjelas bahwa apabila terdapat sebuah pememuan baik berupa medote / barang yang dihasilkan seseorang dapat dikatakan sebagai benar – benar Penemuan jika penemuan tersebut merupakan suatu hal yang benar – benar baru oleh orang lain.

3.  JENIS INOVASI

a. InovasiPositif
Proses membuat perubahan terhadap sesuatu yang telah mapan dengan memperkenalkan sesuatu yang baru yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan.
• Menciptakan pengetahuan baru.
• Memandu arah proses pencarian penyedia dan pengguna teknologi, yaitu mempengaruhi arah agar para pelaku mengelola dan memanfaatkan sumber dayanya.
• Memasok / menyediakan sumber daya, yaitu modal, kompetensi dan sumber daya lainnya.
• Memfasilitasi penciptaan ekonomi eksternal yang positif (dalam bentuk pertukaran informasi, pengetahuan dan visi).
• Memfasilitasi formasi pasar.
Contoh: Mengejar ketinggalan – ketinggalan yang dihasilkan oleh kemajuan – kemajuan ilmu dan teknologi, sehingga makin lama pendidikan di Indonesia makin berjalan sejajar dengan kemajuan tersebut. Mengusahakan terselenggaranya pendidikan sekolah maupun luar sekolah bagi setiap warga Negara. Misalnya meningkatkan daya tampung usia sekolah SD, SLTP, SLTA, dan Perguruan Tinggi.

b. Inovasi Negative
Inovasi yang menyebabkan pelanggan enggan untuk memakai produk tersebut karena tidak memiliki nilai tambah, merusak cita rasa dan kepercayaan pelanggan menjadi hilang / menurun.
• Definisi tujuan yang buruk.
• Buruknya mensejajarkan aksi untuk mencapai tujuan.
• Buruknya partisipasi anggota tim.
• Buruknya pengawasan produk.
• Buruknya komunikasi dan akses informasi.

4.   INOVASI PENDIDIKAN

Menrut Ibrahim (1988) mengemukakan bahwa inovsi pendidikan adalah inovasi dalam bidang pendidikan atau inovasi untuk memecahkan masalah pendidikan.
Jadi, inovasi pendidikan adalah suatu ide, barang, metode, yang dirasakan atau diamati sebagai hal yang baru bagi hasil seseorang atau kelompok orang (masyarakat), baik berupa hasil inverse (penemuan baru) atau discovery (baru ditemukan orang), yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan atau untuk memcahkan masalah pendidikan.
Inovasi pendidikan adalah inovasi untuk memecahkan masalah dalam pendidikan. Inovasi pendidikan mencakup hal-hal yang berhubungan dengan komponen sistem pendidikan, baik dalam arti sempit tingkat lembaga pendidikan maupun arti luas di sistem pendidikan nasional. Sehingga dapat dikatakan inovasi kurikulum merupakan suatu hal yang dapat terjadi dalam ruang lingkup pendidikan itu sendiri.

5.   UNSUR – UNSUR INOVASI
Secara garis besar, Inovasi diartikan sebagai Penemuan, Penemuan tersebut dapat berupa Invention maupun juga discovery.
Invensi (invention) adalah penemuan sesuatu yang benar – benar baru, artinya hasil kreasi manusia. Benda atau hal yang ditemui itu benar – benar sebelumnya belum ada. Hasil kreasi / penemuan baru dapat kita lihat misalnya pada penemuan teori belajar, teori pendidikan, teknik pembuatan barang dari plastik, model pakaian, dan sebagainya. Tentu saja munculnya ide atau kreativitas berdasarkan hasil pengamatan, pengalaman, dari hal – hal yang sudah ada, tetapi wujud yang ditemukannya benar – benar baru.
Sedangkan Discovery adalah penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, tetapi belum diketahui orang. Misalnya penemuan benua Amerika. Sebenarnya benua Amerika itu sudah lama ada, tetapi baru ditemukan oleh Columbus pada tahun 1492, maka dikatakan Columbus menemukan benua Amerika,artinya Columbus adalah orang Eropa yang pertama menjumpai benua Amerika.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s